Angry Birds
Welcome!!

Minggu, 23 November 2014

Metode Diskusi Dan Metode Tanya jawab

 Metode diskusi dan tanya jawab yang sudah tidak asing lagi didengar dimana kedua metode ini sangatlah keterkaitan satu sama lain. menggunakan metode ini juga harus dilihat langkah - langkah pembelajarannya agar dapat berjalan dengan lancar . Berikut penjelasannya

A. Metode Diskusi
 
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.


Tujuan metode ini adalah :
1. Memotivasi atau memberi stimulasi kepada siswa 
    agar berfikir kritis,mengeluarkan pendapatnya, serta menyumbangkan pikiran-
    pikirannya.
2. Mengambil suatu jawaban aktual atau satu rangkaian jawaban yang didasarkan
    atas pertimbangan yang saksama.

Langkah-langkahnya :
1. Langkah Persiapan
   Hal-hal yang harus diperhatikan dalam persiapan diskusi di antaranya:
a. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan yang bersifat umum maupun
   tujuan khusus.
b. Menentukan jenis diskusi yang dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang
   ingin dicapai.
c. Menetapkan masalah yang akan dibahas.
d. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan
    diskusi, misalnya ruang kelas dengan segala fasilitasnya, petugas-
    petugas diskusi seperti moderator, notulis, dan tim perumus, manakala
    diperlukan.

2. Pelaksanaan Diskusi
    Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan diskusi adalah:
a. Memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat memengaruhi kelancaran
   diskusi.
b. Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi, misalnya menyajikan
    tujuan yang ingin dicapai serta aturan-aturan diskusi sesuai dengan jenis  
    diskusi yang akan dilaksanakan.
c. Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan. Dalam
   pelaksanaan diskusi hendaklah memerhatikan suasana atau iklim
   belajar yang menyenangkan, misalnya tidak tegang, tidak saling menyudutkan,
   dan lain sebagainya.
d. Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta diskusi untuk
    mengeluarkan gagasan dan ide-idenya.
e. Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan yang sedang dibahas.
f. Hal ini sangat penting, sebab tanpa pengendalian biasanya arah pembahasan
    menjadi melebar dan tidak fokus.

3. Menutup Diskusi
   Akhir dari proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi hendaklah   
   dilakuan hal-hal sebagai berikut:
a. Membuat pokok-pokok pembahasan sebagai kesimpulan sesuai dengan hasil
   diskusi.
b. Me-review jalannya diskusi dengan meminta pendapat dari seluruh peserta
    sebagai umpan balik untuk perbaikan selanjutnya.

Kelebihan Metode Diskusi :
a. Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan
   dan bukan satu jalan.
b. Menyadarkan anak didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan
   pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang
   lebih baik.
c Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun
   berbeda dengan pendapatnya sendiri dan membiasakan bersikap toleransi

Kelemahan Metode Diskusi :

a. Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
b. Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas.
c. Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara
d. Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal



B. Metode Tanya jawab

Metode Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk sejumlah pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi ada pula dari siswa kepada guru.

Langkah-langkahnya :
1. Persiapan
a. menentukan topik
b. merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
c. menyusun pertanyaan-pertanyaan secara tepat sesuai dengan TPK tertentu
d. mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan siswa

2. Pelaksanaan
a. menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran khusus (TPK)
b. mengkomunikasikan penggunaan metode tanya jawab (siswa tidak hanya
    bertanya tetapi juga menjawab pertanyaan guru maupun siswa yang lain)
c. guru memberikan permasalahan sebagai bahan apersepsi
d. guru mengajukan pertanyaan keseluruh kelas
e. guru harus memberikan waktu yang cukup untuk memikirkan jawabannya,
   sehingga dapat merumuskan secara sistematis
f. tanya jawab harus berlangsung dalam suasana tenang, dan bukan dalam suasana
    yang tegang dan penuh persaingan yang tak sehat di antara parasiswa
g. pertanyaan dapat ditujukan pada seorang siswa atau seluruh kelas, guru perlu
    menggugah siswa yang pemalu atau pendiam, sedangkan siswa yang
    pandai dan berani menjawab perlu dikendalikan untuk memberi kesempatan
    pada yang lain
h. guru mengusahakan agar setiap pertanyaan hanya berisi satu masalah saja
i.  pertanyaan ada beberapa macam, yaitu pertanyaan pikiran, pertanyaan
    mengunkapkan kembali pengetahuan yang dikuasai, dan pertanyaan yang
    meminta pendapat, perasaan, sikap, serta pertanyaan yang hanya mengungkan
    fakta-fakta saja.

Kelebihan metode tanya jawab:
a. situasi kelas lebih hidup karena para siswa aktif berpikir dan menyampaikan
   buah pikirannya melalui jawaban atas pertanyaan guru
b. sangat positif untuk melatih anak agar berani mengemukakan pendapatnya
   dengan lisan secara teratur
c. timbulnya perbedaan pendapat di antara para anak didik, membawa kelas pada
    situasi diskusi yang menarik.
d. siswa yang segan mencurahkan perhatian, menjadi berhati-hati dan secara
    sungguh-sungguh mengikuti pelajaran,
e. sekalipun pelajaran berjalan agak lamban, tetapi guru dapat melakukan kontrol
    terhadap pemahaman dan pengertian siswa tentang masalah yang dibicarakan.

Kelemahan Metode Tanya Jawab

a. siswa sering merasa takut, apabila guru kurang dapat medorong siswa untuk
   berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang dan akrab
b. tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa 
   dan mudah dipahami siswa
c. waktu sering banyak terbuang, terutama apabila siswa tidak dapat menjawab
    pertanyaan sampai dua atau tiga orang
d. guru masih tetap mendominasi proses belajar mengajar
e. apabila jumlah siswa puluhan, tidak mungkin cukup waktu untuk memberikan
    pertanyaan kepada setiap siswa,
f. sering jawaban diborong oleh sejumlah kecil siswa yang menguasai dan senang
    berbicara, sedangkan banyak siswa lainnya tidak memikirkan
    jawabannya.

Sumber : Thamar, Syamsinar. 2014. Macam – macam metode pembelajaran. (Online). http://syamsinarthamar.blogspot.com/2014/05/macam-macam-metode-pembelajaran-serta.html. Diakses pada tanggal 19 November 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar