A. Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik dua orang atau lebih yang masing-masing mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya.
Tujuan metode ini adalah :
1. Memotivasi atau memberi stimulasi kepada siswa
agar berfikir kritis,mengeluarkan pendapatnya, serta menyumbangkan pikiran-
pikirannya.
2. Mengambil suatu jawaban aktual atau satu rangkaian jawaban yang didasarkan
atas pertimbangan yang saksama.
Langkah-langkahnya :
1. Langkah Persiapan
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam persiapan diskusi di antaranya:
a. Merumuskan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan yang bersifat umum maupun
tujuan khusus.
b. Menentukan jenis diskusi yang dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang
ingin dicapai.
c. Menetapkan masalah yang akan dibahas.
d. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan
diskusi, misalnya ruang kelas dengan segala fasilitasnya, petugas-
petugas diskusi seperti moderator, notulis, dan tim perumus, manakala
diperlukan.
2. Pelaksanaan Diskusi
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan diskusi adalah:
a. Memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat memengaruhi kelancaran
diskusi.
b. Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi, misalnya menyajikan
tujuan yang ingin dicapai serta aturan-aturan diskusi sesuai dengan jenis
diskusi yang akan dilaksanakan.
c. Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan. Dalam
pelaksanaan diskusi hendaklah memerhatikan suasana atau iklim
belajar yang menyenangkan, misalnya tidak tegang, tidak saling menyudutkan,
dan lain sebagainya.
d. Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta diskusi untuk
mengeluarkan gagasan dan ide-idenya.
e. Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan yang sedang dibahas.
f. Hal ini sangat penting, sebab tanpa pengendalian biasanya arah pembahasan
menjadi melebar dan tidak fokus.
3. Menutup Diskusi
Akhir dari proses pembelajaran dengan menggunakan diskusi hendaklah
dilakuan hal-hal sebagai berikut:
a. Membuat pokok-pokok pembahasan sebagai kesimpulan sesuai dengan hasil
diskusi.
b. Me-review jalannya diskusi dengan meminta pendapat dari seluruh peserta
sebagai umpan balik untuk perbaikan selanjutnya.
Kelebihan Metode Diskusi :
a. Menyadarkan anak didik bahwa masalah dapat dipecahkan dengan berbagai jalan
dan bukan satu jalan.
b. Menyadarkan anak didik bahwa dengan berdiskusi mereka saling mengemukakan
pendapat secara konstruktif sehingga dapat diperoleh keputusan yang
lebih baik.
c Membiasakan anak didik untuk mendengarkan pendapat orang lain sekalipun
berbeda dengan pendapatnya sendiri dan membiasakan bersikap toleransi
Kelemahan Metode Diskusi :
a. Tidak dapat dipakai pada kelompok yang besar.
b. Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas.
c. Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara
d. Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal
B. Metode Tanya jawab
Metode Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk sejumlah pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi ada pula dari siswa kepada guru.
Langkah-langkahnya :
1. Persiapan
a. menentukan topik
b. merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
c. menyusun pertanyaan-pertanyaan secara tepat sesuai dengan TPK tertentu
d. mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan siswa
2. Pelaksanaan
a. menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran khusus (TPK)
b. mengkomunikasikan penggunaan metode tanya jawab (siswa tidak hanya
bertanya tetapi juga menjawab pertanyaan guru maupun siswa yang lain)
c. guru memberikan permasalahan sebagai bahan apersepsi
d. guru mengajukan pertanyaan keseluruh kelas
e. guru harus memberikan waktu yang cukup untuk memikirkan jawabannya,
sehingga dapat merumuskan secara sistematis
f. tanya jawab harus berlangsung dalam suasana tenang, dan bukan dalam suasana
yang tegang dan penuh persaingan yang tak sehat di antara parasiswa
g. pertanyaan dapat ditujukan pada seorang siswa atau seluruh kelas, guru perlu
menggugah siswa yang pemalu atau pendiam, sedangkan siswa yang
pandai dan berani menjawab perlu dikendalikan untuk memberi kesempatan
pada yang lain
h. guru mengusahakan agar setiap pertanyaan hanya berisi satu masalah saja
i. pertanyaan ada beberapa macam, yaitu pertanyaan pikiran, pertanyaan
mengunkapkan kembali pengetahuan yang dikuasai, dan pertanyaan yang
meminta pendapat, perasaan, sikap, serta pertanyaan yang hanya mengungkan
fakta-fakta saja.
Kelebihan metode tanya jawab:
a. situasi kelas lebih hidup karena para siswa aktif berpikir dan menyampaikan
buah pikirannya melalui jawaban atas pertanyaan guru
b. sangat positif untuk melatih anak agar berani mengemukakan pendapatnya
dengan lisan secara teratur
c. timbulnya perbedaan pendapat di antara para anak didik, membawa kelas pada
situasi diskusi yang menarik.
d. siswa yang segan mencurahkan perhatian, menjadi berhati-hati dan secara
sungguh-sungguh mengikuti pelajaran,
e. sekalipun pelajaran berjalan agak lamban, tetapi guru dapat melakukan kontrol
terhadap pemahaman dan pengertian siswa tentang masalah yang dibicarakan.
Kelemahan Metode Tanya Jawab
a. siswa sering merasa takut, apabila guru kurang dapat medorong siswa untuk
berani dengan menciptakan suasana yang tidak tegang dan akrab
b. tidak mudah membuat pertanyaan yang sesuai dengan tingkat berpikir siswa
dan mudah dipahami siswa
c. waktu sering banyak terbuang, terutama apabila siswa tidak dapat menjawab
pertanyaan sampai dua atau tiga orang
d. guru masih tetap mendominasi proses belajar mengajar
e. apabila jumlah siswa puluhan, tidak mungkin cukup waktu untuk memberikan
pertanyaan kepada setiap siswa,
f. sering jawaban diborong oleh sejumlah kecil siswa yang menguasai dan senang
berbicara, sedangkan banyak siswa lainnya tidak memikirkan
jawabannya.
Sumber : Thamar, Syamsinar. 2014. Macam – macam metode pembelajaran. (Online). http://syamsinarthamar.blogspot.com/2014/05/macam-macam-metode-pembelajaran-serta.html. Diakses pada tanggal 19 November 2014

Tidak ada komentar:
Posting Komentar