A. Pengertian Administrasi Pendidikan
Administrasi
adalah upaya mencapai tujuan secara efektif dan efisien dengan
memanfaatkan orang-orang dalam suatu pola kerjasama, efektif dalam arti
hasil yang dicapai upaya itu sama denga tujuan yang telah ditetapkan.
Sedangkan efisien berhubungan dengan penggunaan sumber dana, daya dan
waktu yang ekonomis. Selain manusia dan tujuan, administrasi sangat
memperdulikan keadaan sumber. Sumber adalah segala hal yang membantu
tercapainya tujuan baik berupa tenaga material, uang, ataupun waktu.
Berdasarkan
uraian tersebut diatas dapat dikemukakan bahwa pada dasarnya yang
menjadi perhatian administrasi adalah tujuan, manusia, sumber , dan juga
waktu. Kalau keempat unsur tersebut digabungkan dan dilihat dari bentuk
perilakunya, maka akan menampakkan dirinya sebagai suatu satuan sosial
tertentu, yang sering disebut organisasi.
B. Dasar-Dasar Administrasi
Berikut ini akan dipaparkan beberapa dasar yang perlu diperhatikan agar administrator dapat mencapai sukses dalam tugasnya.terdapat banyak dasar administrasi,antara lain:
a. Prinsip efisiensi
Seorang
administrasi akan berhasil dalam tugasnya bilamana dia efisien dalam
menggunakan semua sumber tenaga dana dan fasilitas yang ada.
Administrator
akan memperoleh hasil yang paling efektif dan efisien melalui
oarang-orang lain dengan jalan melakukan pekerjaan manajemen, yakni
merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengontrol.
c c. Prinsip pengutamaan tugas pengeloaan
Jika
disertai pekerjaan manajemen dan operatif dalam waktu yang sama,
seseorang administrasi cenderung untuk memberikan prioritas pertama pada
pekerjaan operatif. Administrator harus mampu menghindari kecendurangan
negatif ini, sebab bila ia terlalu sibuk dengan tugas-tugas operatif,
maka pekerjaan pokoknya yaitu pengelolaan akan terbengkalai.
d. Prinsip kepemimpinan yang efektif
Seorang
administrator yang berhasil dalam tugasnya apabila dia menggunakan gaya
kepemimpinan yang efektif, yakni yang memperhatikan dimensi-dimensi
hubungan antar manusia, dengan pelaksanaan tugas dan dimensi situasi
(sikon yang ada).
e. Prinsip kerjasama
Seseorang
administrator akan berhasil baik dalam tugasnya bila ia mampu
mengembangkan kerjasama di antara orang-orang yang terlibat, baik secara
horisontal maupun secara vertikal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar