Angry Birds
Welcome!!

Sabtu, 01 November 2014

TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI

TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI

Sejalan dengan berbagai jenis aspek standar kompetensi, materi pembelajaran juga dapat dibedakan menjadi jenis materi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Materi pembelajaran atau dimensi pengetahuan secara terperinci dibagi menjadi empat jenis, yaitu: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. (Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)

Perbedaan taksonomi Bloom yang lama dengan yang baru:

(Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)

Taksonomi Bloom lama
C1  (Pengetahuan)
C2  (Pemahaman)
C3  (Aplikasi)
C4  (Analisis)
C5  (Sintesis)
C6  (Evaluasi)

Taksonomi Bloom revisi

C1  (Remember/Mengingat)
C2  (Understand/Memahami)
C3  (Apply/Mengaplikasikan)
C4  (Analyze/Menganalisis)
C5  (Evaluate/Mengevaluasi)
C6  (Create/Mencipta)

Dimensi Proses Kognitif:
C.1. Mengingat (Remember)
     a. Mengenali (recognizing)
     b. Mengingat (recalling)
C.2. Memahami (Understand)
     a. Menafsirkan (interpreting)
     b. Memberi contoh (exampliying)
     c. Meringkas (summarizing)
     d. Menarik inferensi (inferring)
     e. Membandingkan (compairing)
     f. Menjelaskan (explaining)
C.3. Mengaplikasikan (Apply)
     a. Menjalankan (executing)
     b. Mengimplementasikan (implementing)
C.4. Menganalisis (Analyze)
     a. Menguraikan (diffrentiating)
     b. Mengorganisir (organizing)
     c. Menemukan makna tersirat (attributing)
C.5. Evaluasi (Evaluate)
     a. Memeriksa (checking)
     b. Mengritik (Critiquing)
C.6. Membuat Create)
     a. Merumuskan (generating)
     b. Merencanakan (planning)
     c. Memproduksi (producing)

Dimensi Pengetahuan
1. Pengetahuan faktual (Factual knowledge):
   a. Pengetahuan terminologi (knowledge of terminology.
   b. Pengetahuan detail dan unsur-unsur (kejadian, subyek, waktu, detail tertentu)
2. Pengetahuan konseptual (conceptual knowledge)
   a. Pengetahuan klasifikasi dan kategori (knowledge of classification and 
      categories).
   b. Pengetahuan prinsip dan generalisasi (knowledge of principles and
      generalization)
   c. Pengetahuan teori, model, dan struktur (knowledge of theories, models, and
      structures)
3. Pengetahuan prosedural (procedural knowledge)
    a. Pengetahuan tentang keterampilan bidang tertentu dan algoritma
      (knowledge of subject specific skills and algorithms).
   b. Pengetahuan tentang teknik dan metode pada bidang tertentu (knowledge of
       subject specific techniques and methods)
   c. Pengetahuan kriteria penggunaan prosedur secara tepat (knowledge of 
       criteria for determining when to use appropriate procedures )
4. Pengetahuan metakognitif (metacognitive knowledge)
   a. Pengetahuan strategi (strategic knowledge).
   b. Pengetahuan tugas kognitif, termasuk pengetahuan konteks dan kondisi
      (knowledge about cognitive task, including contextual and conditional
       knowledge)
   c. Pengetahuan tentang diri sendiri (self-knowledge)

Sumber : http://hariankosa.blogspot.com/p/taksonomi.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar