TAKSONOMI BLOOM EDISI REVISI
Sejalan dengan berbagai jenis aspek standar kompetensi, materi pembelajaran juga dapat dibedakan menjadi jenis materi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Materi pembelajaran atau dimensi pengetahuan secara terperinci dibagi menjadi empat jenis, yaitu: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. (Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)
Perbedaan taksonomi Bloom yang lama dengan yang baru:
(Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R.: 2001)
Taksonomi Bloom lama
C1 (Pengetahuan)
C2 (Pemahaman)
C3 (Aplikasi)
C4 (Analisis)
C5 (Sintesis)
C6 (Evaluasi)
Taksonomi Bloom revisi
C1 (Remember/Mengingat)
C2 (Understand/Memahami)
C3 (Apply/Mengaplikasikan)
C4 (Analyze/Menganalisis)
C5 (Evaluate/Mengevaluasi)
C6 (Create/Mencipta)
Dimensi Proses Kognitif:
C.1. Mengingat (Remember)
a. Mengenali (recognizing)
b. Mengingat (recalling)
C.2. Memahami (Understand)
a. Menafsirkan (interpreting)
b. Memberi contoh (exampliying)
c. Meringkas (summarizing)
d. Menarik inferensi (inferring)
e. Membandingkan (compairing)
f. Menjelaskan (explaining)
C.3. Mengaplikasikan (Apply)
a. Menjalankan (executing)
b. Mengimplementasikan (implementing)
C.4. Menganalisis (Analyze)
a. Menguraikan (diffrentiating)
b. Mengorganisir (organizing)
c. Menemukan makna tersirat (attributing)
C.5. Evaluasi (Evaluate)
a. Memeriksa (checking)
b. Mengritik (Critiquing)
C.6. Membuat Create)
a. Merumuskan (generating)
b. Merencanakan (planning)
c. Memproduksi (producing)
Dimensi Pengetahuan
1. Pengetahuan faktual (Factual knowledge):
a. Pengetahuan terminologi (knowledge of terminology.
b. Pengetahuan detail dan unsur-unsur (kejadian, subyek, waktu, detail tertentu)
2. Pengetahuan konseptual (conceptual knowledge)
a. Pengetahuan klasifikasi dan kategori (knowledge of classification and
categories).
b. Pengetahuan prinsip dan generalisasi (knowledge of principles and
generalization)
c. Pengetahuan teori, model, dan struktur (knowledge of theories, models, and
structures)
3. Pengetahuan prosedural (procedural knowledge)
a. Pengetahuan tentang keterampilan bidang tertentu dan algoritma
(knowledge of subject specific skills and algorithms).
b. Pengetahuan tentang teknik dan metode pada bidang tertentu (knowledge of
subject specific techniques and methods)
c. Pengetahuan kriteria penggunaan prosedur secara tepat (knowledge of
criteria for determining when to use appropriate procedures )
4. Pengetahuan metakognitif (metacognitive knowledge)
a. Pengetahuan strategi (strategic knowledge).
b. Pengetahuan tugas kognitif, termasuk pengetahuan konteks dan kondisi
(knowledge about cognitive task, including contextual and conditional
knowledge)
c. Pengetahuan tentang diri sendiri (self-knowledge)
Sumber : http://hariankosa.blogspot.com/p/taksonomi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar